2020-2021


Kadang kadang, aku masih suka denial sama proses belajar di dua tahun terakhir kuliah. Terlalu banyak bertanya juga sama Tuhan, "kenapa ya"...

Kenapa bisa ya dulu udah laptop rusak kena motherboard, setelah di php beberapa tempat service selama beberapa bulan akhirnya beli laptop baru, terus kena ransomware dan datanya terbarunya ilang. Kenapa jugaaa, handphone harus kena jambret :))

Kenapa juga ya, aku yang udah keliling surabaya untuk dateng ke pameran interior, toko aksesoris furni baik lokal maupun internasional, beli sample produk dari HPL, granit, solid surface, semua katalog kitchen set, sidang K1 tanpa pembimbing, nurut ganti judul H-5 pendaftaran sidang K2, masih aja dikatain ndablek, kuliah ga ada hasilnya dan ga pantes jadi desainer. 

Kenapa ya, aku yang anaknya "family oriented" banget, trus mendadak bisa ada masalah sama keluarga (sebenarnya ini normal kan, ya). Kita semua tau kan, ga ada keluarga yang sempurna. 

Banyak juga "kenapa" yang lain, tapi kalau dijabarin kayaknya ga bersyukur banget dihidup ini haha.

***

Singkat ceritanya, Fildzah akhirnya berhasil sidang K4 tepat di hari ulang tahunnya yang ke 24. Belum pernah menangis dikampus karena TA, tapi waktu revisi terakhir menuju yudisium pecah juga nangis nangis ke Nafit di ruang TA HEHE mamam tuh pura pura kuat dan baik baik aja, Fil.

Dalam menutup kisah kuliahnya, di hari wisuda, bangun jam 4 pagi untuk siap siap make up-in umik dan make up diri sendiri. Ternyata, buka handphone dan dapet kabar kalau wisudanya dibatalin HAHAHA. Hidup ini rasanya penuh dengan komedi, ya. Mungkin di titik ini, akhirnya aku sadar kalau "apa yang memang bukan buat kita, yaaa sejauh apapun kita berusaha juga ga akan jadi milik kita". Perjalanan kuliah 5,5 tahun yang mumetnya kayak gitu, diakhiri dengan momen wisuda dibatalin H-4 jam acara.

***

Dulu, pengen juga orang-orang terdekat tau, hidup selama dua tahun yang sehari hari dapet deconstructive, prescriptive dan non-spesific feedback itu juga ga mudah. Ternyata tanpa sadar, aku meyakini kalau aku tuh bodoh, gak mungkin jadi desainer, kuliah 5.5 tahun yang tidak berguna dan gak keliatan hasilnya, dsb. Ada masa dimana aku malu buat beli buku, karena dulu suka banget beli buku disyen, majalah bahkan katalog IKEA, tapi kok ya ga pinter pinter rasanya WKWKWK.

Yaaa... namanya juga hidup ya...

Dengan apapun yang aku alami di 2018-2020, aku dikasih banyaaaak banget rejeki. Salah satu hal yang paling berasa adalah dikasih keluarga dan teman teman yang sangat supportive dengan apapun yang aku lalui dan lakukan hehehe. Love youuu teman teman geng teriii & gegiik. Ternyata tahun 2020-2021 jauh lebih banyak lagi surprisenya!

***

Beruntung sekali bisa punya kesempatan develop Byfildzah. Byfildzah jugaa salah satu hal yang aku pengen dari SMA; bisa punya usaha dibidang craft. Seneng  bangeet bisa bikin sesuatu yang kita suka dan orang lain suka, bahkan bisa kenalan sama crafter dari luar negeri dan embroiderer Indonesia yang udah nerbitin bukuu. Ga nyangka juga bisa jualan produk sebanyaaak itu dan punya pesenan jauh jauh dari sumatra dan kalimantan, padahal orangnya ga punya bakat sales sama sekali... Sampai bisa bikin website sendiri loh, terharu banget gatuh sebagai anak gaptek bisa usaha bikin web sendiri demi ig shopping. Doakan yaaa semogaa bisa mulai jualan lagii!

Tahun 2021 juga, tiba tiba bisa ambil keputusan yang cepat untuk ikut bootcamp (fyi, aku orangnya sangat susah ambil keputusan dengan cepet). Selama bootcamp, aku juga ngalamin beberapa penyesuaian yang juga gak mudah. Aku takut banget kalau tugasku di-review di depan kelas, karena terbiasa dengan dimaki-maki. Jadi alam bawah sadarnya udah siap buat dimaki wkwkw trus cukup shock kalau dapet feedback "Excellent" atau "Already good!". Kudos dari mas Theo waktu itu berperan (besar banget) dalam mengatasi ketidak percayaan diri yang udah mendarah daging. Bootcamp mengajarkan aku kalau salah ya yaudaah, dibenerin ajaaa santuy. Gak ada tuh drama drama dimarahin apalagi dimaki, justru semua mentornya respect sama semua hasil yang di presentasiin sama student.

Menjelang akhir bootcamp baru sadar, kayak loh ini kan yang aku mau dari dulu ya? Dulu pengen masuk psikologi tapi ga dibolehin, mau masuk DKV tapi ga lolos snmptn hehe jodohnya sama desain produk (aku juga suka banget sama despro). Taunya sekarang bisa ada di bidang yang mempelajari tiga hal itu sekaligus. Kayak hm... padahal aku pengennya 9 tahun lalu yaa? tapii seolah olah nih, Tuhan udah mempersiapkan selama itu dan mengabulkan apa apa yang dulu aku minta.

Aku juga sering banget tanya tanya sama Billy dan Ilman selama bootcamp, padahal waktu kenal di camp KSE aku juga ga aktif aktif banget... Cuma lagi lagi kayak "kok bisa ya?", kok bisa ya Tuhan kasih jalan buat kenal Ilman sama Billy dulu waktu kuliah (yang kampusnya juga jauh bgt, IPB sama UGM), yang ternyata ngebantu banget juga buat aku yang selalu butuh validasi karena takut disalahin, buat diskusi hal hal yang aku ragu selama dan setelah bootcamp. Jugaaa terimakasih buat mas ihsan, mas angga, abdi, mas rezza, mas wayan dan mba ririis yang sesekali aku tanyain juga hehehe maafkan yaa temen temen, aku banyak nanyaa. 

Mengikuti bootcamp sambil jualan jugaa bukan suatu yang mudah sih hehe. Banyak momen momen merasa terlalu capek dan nangis hehe Gegik sampe bosen tuh kayaknya tau aku nangis (makasih banyaak yaa gegiik selalu support!). Tapiii sekarang kalau lagi ada masalah, jauh lebih legowo, ya tangisin aja trus bangkit lagi. Sering juga merasa ga relate sama temen temen yang bahas tontonan karena ga sempet nonton dan sampe tahap muak banget baca atau lihat video UI/UX. Sering juga kelas ketiduran karena malemnya nganu orderan sampe malem, atau kelas disambi garap orderan. HEHE tapi senang, bisa MVP lagi.  Ada bahagianya ternyata kalau usaha sebanding sama hasil.... 

***

Hal hal yang paling aku syukuri selama 2020-2021 adalah punya kesempatan untuk mengenal diri sendiri, lebih sayang sama diri sendiri, bisa move on dari segala hal buruk yang pernah dialamin, bisa bangun setiap hari dengan perasaan excited untuk belajar hal baru, bisa memprioritaskan diri sendiri, dan engga  memaksakan hal hal yang memang di luar kendaliku. Intinya bersyukur dan senang karena sekarang bisaa lebiih sayang dan mengapresiasi diri sendiri.

Gapapa. Meskipun kamu udah berdamai sama semua kejadian di 2018-2020 tapi kamu masih belum bisa maafin dirimu sendiri yang kamu harap bisa usala lebih baik ketika itu, gapapaa. Pelan pelan ajaa yaaa. 

Terimakasih ya Fildzah, sudaah mauu berusahaa :)

Komentar