Thursday, December 25, 2014

rumah

merantaulah, agar kamu tahu bagaimana rasanya rindu dan kemana harus pulang. merantaulah, engkau akan tahu betapa bermaknanya waktu bersama keluarga. merantaulah, agar tumbuh cinta yang tak pernah hadir sebelumnya. pada kampung halamanmu. pada mereka yang kautinggalkan.
satu semester ini ngebuat aku banyak belajar.
ada jurang yang besar antara ngekos dan jadi anak rumahan.

biasanya tiap mau keluar selalu ditanya abi; (kemana? - sapa siapa aja? - tujuannya apa? - manfaatnya apa?). ya masih untung ga pake latar belakang.           
sekarang mau keluar kapan aja gak ada yang ngelarang, mau bikin alesan gak dibolehin ortu buat gaikut acarapun gabisa wkwk.

biasanya tiap pagi atau sore pulang sekolah udah ada maeman di meja makan. atau kadang ditanya pingin maem apa hari ini sampe "gak usah berangkat sekolah lek gak maem"
sekarang nyiapin makan sendiri dan malem-malem-pun masak buat besok paginya. sampe umik selalu bilang "kalau gak sempet masak, beli aja gapapa" "yaudah kalau gak enak disedekahkan aja buat mahluk Allah (read:semut)" -yang entah itu ungkapan takut anaknya kelaperan atau takut anaknya keracunan gegara masak sendiri wkwk.

biasanya tiap pagi sebelum sekolah nyempetin mandiin azam. sampe di bikin bete sama rafdi rifqi azi azam seharin yang ngebuat makin hari makin mirip kak ros karena kerjaan bawel dan ngomelin adek mulu.
sekarang buat ngomong aja kudu nelfon. buat ngumpul fullteam berlima aja kudu nunggu liburan yang bareng. soalnya rafdi rifqi mondok di jombang, aku di surabaya.

dan buat satu semester ini, akhirnya aku paham gimana rasanya kangen, kemana aku harus kembali. gimana berharganya waktu bareng keluarga sekalipun itu cuma bikin kue lekker bareng.
dan buat satu semester ini juga, tumbuh cinta yang gak pernah hadir sebelumnya. pada jember, rumah cat hijau yang ada di pelosok arjasa sana, pada mereka, padamu.



Pin It

Wednesday, November 12, 2014

Too late.



                Selamat malam teman-teman kesayangan fildzah. how are you today? Semoga masih punya waktu buat baca postingan ini, yaa. Ya intinya sih aku mau minta maaf disamping kebiasaan bales sms/chat yang kudu nunggu mood dateng dan nunggu waktu nganggur (?) aku mau minta maaf suka banget nunda-nunda ngucapin selamat ulang tahun hehe bahkan bisa  tak tunda sampe taun depannya lagi kalau lagi pengen. Entah-ucapanku-termasuk-salah-satu-ucapan-yang-kalian-tunggu-atau-enggak. Aku tetep bakalan dengan senang hati nginget tanggal-tanggal spesial kalian, kemudian dengan senang hati juga di hari special itu nebak-nebak apa aku termasuk salah satu yang kalian tunggu atau bukan, kemudian nunggu malem buat ngucapin paling akhir dan akhirnya selalu sama. Ketiduran. Gak harus nunggu kalian ulang tahun dulu kan baru aku sms panjang lebar cuma buat kalian tau aku sebenernya care. Jadi, biarkan aku dengan senang hati nulis harapan-harapanku buat kalian semua walaupun hari ini gak ada yang ulang tahun atau ulang tahunnya masih beberapa hari lagi. 

                Di umur kalian yang setua ini, yang pertama aku berharap semoga kebaikan-kebaikan kalian semua yang udah pernah kalian kasih sama aku di bales berlipat-lipat sama Allah. Entah waktu kalian pernah dengan besar hati meluangkan waktu cuma sekedar dengerin aku nangis, nangis bareng, jenguk pas aku sakit, nebengin pulang, rela kamar kosnya dijadiin markas, ngingetin aku waktu aku salah, dan semua-semua yang gak mungkin aku sebutin satu-satu disini. Terimakasih buat sekedar mau nerima aku apa adanya. 

                Yang kedua, semoga di umur kalian yang udah segini, kalian makin dideketin sama Allah. Makin dewasa pikirannya, makin cantik perilakunya, makin baik sikapnya. Gak peduli kalian ada di depok-bandung-jogja-surabaya-malang-jember, tetep jadi pribadi yang baik yang pernah aku kenal. Syukur-syukur kita semua bisa jadi lebih baik lagi waktu ketemu pas liburan ntar. Aamiin.

                Yang ketiga, semoga diumur kalian yang udah mau kepala dua ini, kalian makin deket sama orang tua kalian. Makin bisa berbakti dan semoga bertahun-tahun lagi kita bisa sama-sama jadi anak solehah yang bisa banggain kedua orang tua kita. Semoga kita sama-sama jadi anak yang gak pernah lupa doain kedua orang tua kita sesibuk apapun kita sekarang. Aamiin.

                Yang keempat, semoga di umur kalian yang udah bukan anak anak lagi, kita semua makin mudah mensyukuri apa yang kita punya dan alami sekarang. Gak peduli kita lagi dapet cobaan sesulit apapun, semoga kita selalu inget dan mau ngingetin satu sama lain bahwa; Allah selalu punya rencana terbaik, bukan sekedar baik. Semoga kita satu sama lain tetep dengan senang hati berteman dalam kondisi terburuk sekalipun. Aamiin.

                Duh bahasaku kenapa berat ngets, ya gapapa lah. Umur udah tua jugak. Yang kelima, semoga kita nanti dipertemukan sama laki-laki yang baik imannya, cakep perilakunya; biar gak galau lagi HAHAHA /nyinyirin semua yang tak tag kecuali yang udah taken/ ! wkwk jangan serius bangeet nanggepinnya yang ini, ini biar kesannya ga serius2 banget aku nulisnyaaa,  ya semoga kita kedepannya bisa lebih baik dan baik lagiii, aamiin :) 

Jadi, SELAMAT ULANG TAHUN, CANTIK!  /pelukinsatusatu/

                Yang ke enam, semoga aku dapet traktiran yah pas liburan ntar wkwk, martabak deket gangnya nadia boleh, terang bulan boleh, mie ayam juga boleh kok, bakso juga boleh, atau eskrim wina/rainbow, atau ditraktir beli bahan sama alat bikin kue jugak boleh :))) /ceritanyakangenjemberwkwk/ tapi kalau traktir mi lidi ga boleh, bahaya katanya :33

Post ini didedikasikan khusus buat mereka-mereka yang tersayang dan memberi pengaruh besar buat hidup saya; (mereka yang saya kirimin sms/chat buat buka postingan ini). Dan buat kalian, perempuan-perempuan yang berbaik hati mau baca postingan ini. Selamat ulang tahun semuanyaa <3
Pin It

Ibu



Pekerjaan terbaik perempuan adalah menjadi anak yang baik bagi keluarganya, istri yang baik bagi suaminya, dan ibu yang baik bagi anak-anaknya.

tapi, seburuk apapun itu, Ibu akan tetap menjadi ibu. Saya gak peduli sama orang-orang yang mungkin kurang suka sama ibu saya, karna yang tahu banget tentang ibu saya ya saya sendiri :)) ibu saya-pun mengajari saya bagaimana cara kita menerima kekukarangan orang lain, seperti umik yang berusaha nerima kekuranganku atau aku yang nerima kekurangannya abi. Banyak sekali orang yang melupakan prinsip sesederhana ini; saling menerima kekurangan. 

Seburuk apapun itu, ibu saya akan tetap menjadi perawat terbaik yang pernah saya temui. Yang tidak akan peduli sebanyak apapun pekerjaannya di kantor, akan tetap izin dengan alasan ingin menemani anaknya. Ini sudah lebih dari cukup untuk saya. Terlebih saat ibu dengan besar hati menemani saya yang terbaring sakit, mengaji untuk kesembuhan saya, menanyakan saya ingin makan apa, melakukan hal simple termasuk menyisir rambut saya dan tetap terjaga ketika saya sudah terlelap. Kehadirannya sudah lebih dari cukup daripada menyuruh seseorang untuk menemani saya.

Seburuk apapun itu, ibu saya tetap menjadi guru terbaik yang pernah saya temui. Yang tidak akan pernah peduli jika nilai saya bagus tapi sholat saya bolongbolong. Yang tetap menyupport saya ketika semua orang menertawakan saya saat saya bilang ingin jadi guru TK. Ibu pula yang selalu mengingatkan saya bahwa pekerjaan terpenting dalam hidup ini bukan hanya belajar biologi atau matematika. Saya harus rajin mengaji, katanya. Supaya nanti saya akan tau ketika saya mengalami masalah-masalah besar dalam hidup saya. Pelajaran ibu tentang hidup, bersyukur, kesulitan, dsb sudah lebih dari cukup daripada menaruh saya di lembaga bimbingan belajar untuk belajar pelajaran di sekolah.

Seburuk apapun itu, ibu saya tetap menjadi orang terbaik yang menjemput saya ketika saya pulang sekolah. Yang tidak akan pernah marah ketika saya tdak langsung turun dari kelas, yang tetap sabar ketika barang saya ketinggalan, lebih-lebih ibu sudah sering hujan-hujanan bareng saya waktu jemput saya pulang sekolah. Pun sama juga seperti hal pertama yang ibu ajarkan ketika saya datang di kota ini; cara naik angkutan umum dari stasiun ke kosan saya. Perjuangan ibu saya sudah lebih dari cukup daripada memanjakan saya.

                Seburuk apapun itu, ibu saya tetap ibu yang bangun pagi dan mengaji sehabis sholat subuh dan tetap mendoakan ketika disakiti. Supaya saya mau mencontoh, katanya.

Seburuk apapun itu, ibu saya tetap ibu yang berhasil membuat saya lebih bersyukur dalam keadaan apapun, berhasil membuat saya percaya bahwa nilai itu bukan segalanya, berhasil membuat saya percaya bahwa menjadi ibu yang baik adalah suatu keharusan. 

Walaupun hari ini bukan hari ibu, karena saya bukan orang yang suka beda-bedain hari
hehe
<3 u mik :3
Pin It

Friday, October 24, 2014

perantauan


                gak kerasa udah dua bulan lebih ada di kota ini. mau gak mau ya harus terbiasa. Ada beberapa hal menarik di kota ini. Walaupun hujannya gak sesering di jember, sebagai perempuan yang punya kebiasaan njulurin tangan buat ngerasain tetesan air hujan yaa kecewa laah. Apalagi hujan selalu bikin inget ke kamu /eh/. Wkwk jadi inget kalau kehujanan berdua sama umik pas pulang bareng dan umik kadang suka becanda “inget mbak nanti kalau mbak udah berkeluarga, dulu umik ujan-ujanan berdua sama mbak pulang sekolah”. :’ ….
                jadi, hal menarik di kota ini yang pertama adalah langitnya terang meskipun malem, haha walaupun jadinya bintangnya gak sejelas dan sebanyak di arjasa yang pelosok sanaa. Seenggaknya tanah ITS yang masih dikit gedungnya ngebuat aku bisa ngeliat langit sepuasnya hehe. Langit sorenya disini ituuuh, kamu kapan kapan harus liat ya wkwk. Jadi seengaknya meskipun lelah letih lesu lunglai kalau ada acara sore di kampus, langit sorenya selalu bisa dibuat cuci mata hehe sunsetnya juga baguus. Sunrisenya juga bisa diliat dari kosan lantai duaa hehe
                kedua, disini banyak burungnya. Jadi kalau pagi mau mandi gitu, sering ada satu-dua burung yang terbang pasaku jalan lewat mau ke kamar mandi. Atau pas pulang kuliah di jalan depan kosan juga  banyak. Oh iyaa kalau udah sore sering banget keliatan burung terbang pake barisan model V kayak yang dijelasin duluu pas SD. Sukak liatinnya :3
                ketiga, entah ini menarik atau menyedihkan. Tetangga 2 rumah sebelah punya anak 2 kecil. Dulu sering keliatan kalau ayahnya bawak anak yang kecil pake kereta dorong. Umurnya satu setengah tahun dan pertama aku dating kesini belum bisa jalan. Azam banget wkwk! Udah gitu ternyata dia punya mas yang umurnya mungkin 4 tahunan. Dan kalau pagi si adek, masnya sama ayahnya jalan ke depan rumah dan kebetulan pas aku kuliah, aku suka liatin dedeknya…… ngingetin azi sama azam. Gimana adek selalu ikut2 kakaknya. Udah gitu masnya si adek kecil tadi suka ngagetin burung yang lagi kalem di tiang listrik, begitu pada terbang semua, dia loncat-loncat kesenengan uuuh lucunyaaa…
                keempat, dirindukan. Aku bisa tau mana orang-orang yang benerbener kangen aku sama khawatir ke aku waktu aku jauh dari mereka…. haha


selamat malam, kamu.
selamat malam, surabya!
Pin It

selamat berjuaang, pejuang 2k15!


Mau kuliah dimana?
Mau kuliah dimana? Ambil jurusan apa? semacam pertanyaan wajib buat kalian yang kelas 3 SMA. So, coba kita bahas satu persatu apa yang bisa kalian lakuin sebagai persiapan kalian kuliah (berdasarkan pengalaman tahunku yaps). Semoga membantu adek adeek.
1.       Tahapan apa aja sih yang harus kita lewatin buat masuk kuliah?

Tahapan awal dari segala tahap, kalau kalian pingin masuk universitas itu ya masa belajarmu di SMA. Yap, maksudnya nilai raportmu, sertifikat, akreditasi sekolah, IP alumni dkk nya. Itu kenapa guru BK selalu bilang nilai raport di semester lima usahakan naik.
kedua itu UN. Kenapa UN? Karena jamanku dulu UN itu berbobot 40% kalau gak 60%. Ujiannya gak sampe seminggu tapi ngefeknya nemen buat undangan hehe.
Tapi, kalau kalian gagal SNMPTN, it means kalian kudu ikut tes SBMPTN atau tes yang lain; kalian gak pakai 2 faktor penting itu. Kebanyakan tesnya ntar pakai hasil tes yang diadakan per univ aja.  maksudnya misal, SIMAK UI (ujian buat masuk UI), ya ntar nilainya pake nilai tes SIMAK UI mu aja, gak pakai yang lain. –pun sama juga kayak tes SBMPTN, UMDES, UTUL UGM, SMBPTN, dsb.

2.       Apa sih yang harus dilakuin buat ngadepin kelas 3 SMA sama namanya Ujian Nasional?

Yang pertama jelas, biasakanlah belajar sebelum jauh jauh bulan. Bukan jauh-jauh hari lagi. Jadi, sambil kalian repotrepotnya pelajaran kelas 3, biasakanlah buat nyambi ngerjakan soal latian UN. Gak gampang kedengerannya, apalagi kalau kalian sukanya hang out rumpik dan gak suka buka buku! Duh! Pinjemo buku ke kakak ke kelasmu.
Percaya deh, gak rugi kalau kamu belajar dari awal. soalnya…. UN itu susah banget. Kalau gak percaya monggo di cek nilai-nilai UN angkatanku :’) akan ada masa dimana kamu tiap pagi masuk kelas dan liat temenmu sibuk buka buku UN semua, walaupun jamses sekalipun. Tapi jangan nunggu masa itu dateng buat kamu belajar. habisin semua jatah gagalmu, jatah gak bisamu, jatah “ soal ini caranya gimana?” dengan cara banyak latian. Tiga tahunmu itu Cuma dibayar sama selembar kertas ijazah dek, dan parahnya itu nyantumin nilai UNmu hm hm. Think twice deh kalo mau belajar mepet H-sebulan. Apalagi prediksi di buku-buku UN maupun diknas (tahunku) kadang gampangan prediksinya tapi pas UN susahnya masyaAllah :’

3.       Gimana sih cara milih jurusan buat SNMPTN?

Jeng jereng jereeng. Akhirnya kita sampai di topik ini. Hayoloh pada ngaku pasti ada yang masih bingung buat milih jurusan yakaan? Aku dulu juga gitu, ngelewatin proses yang panjaaang banget buat nentuin jurusan impian dan pernah hampir menyerah waktu ketolak SNMPTN. Tapi Alhamdulillah, sekarang ada di tempat itu :’
Pertama, kuliah based on your passion itu menurutku perlu. entah ya, tapi kuliah itu 4 tahun loh. Itupun kalau lulus tepat waktu. Apa jadinya kita kalau kuliah Cuma berdasarkan gengsi aja. Bisa-bisa malah kuliahnya gak maksimal.Kalau masih bingung, coba kalian list jurusan apa aja yang kalian minatin. Trus coba search mata kuliahnya, nah timbang2 sendiri deh kira kira cocok apa enggak. Oh ya, sekarang itu udah duaribuempatbelas. Plis jangan ada yang mikir jurusan keren cuma FK aja :)) duh dek dimanapun kalian kuliah, univ apapun, jurusan apapun, kalian sama sama belajar. jadiiii jangan ada yang gak pede ya sama jurusan yang kalian pilih. Dunia gak sesempit ituuu.

Kedua, restu orang tua itu sangat amat penting. Mungkin ada yang ngalamin nih, misaaal disuruh ortu buat masuk jurusan A, padahal kamu pingin jurusan B. naah, pastikanlah kamu udah musyawarah sebener-benernya sama orang tua. Entah itu orang tuamu yang ngalah atau kamu yang ngalah. Pastikan orang tua juga mendukung keputusanmu dan ikut mendoakan. Seriously restu orang tua itu puenting dek jadi pastikan benar-benar kamu direstui di jurusan itu yaaaa hehe.

Ketiga, jangan mudah terpengaruh. Anak kelas 3 biasanya labil. Lihat banyak pesaing mundur, liat temen-temen di univ beken, ikutan, di perngaruhi orang-orang jadi bingung. Hm gini ya dek, kalau kalian udah punya pilihan, pegang teguh-teguh pilihan kalian itu. Pantaskan diri kalian buat ngeraih impian itu. Dapet atau enggak, percayah bahwa; Allah sudah punya rencana terbaik. Bukan sekedar baik.

Keempat, percayalah bahwa; SNMPTN itu misteri. Jadi, perbanyaaaak doamu dek, mintak sama Allah, jangan Cuma belajar aja. Kenapa aku bilang misteri? Anak OSN belum tentu keterima, anak yang suka nya nyontek tiap ulangan ada yang keterima hmm kebanyakan sih ga keterima. Yang UNnya bagus ya ada yang gak keterima. Yang sertifikatnya udah dimasukin semua dan sesuai sama jurusan yang di pengen –pun juga bisa ketolak HAHAHA sampe bosyan di tanyak “kok bisa?” /kalimatyanginicurhatwkwk/. pun ada juga yang di prediksi sama semua orang gak keterima malah keterima. Jadi, kita gak bisa nebak-nebak Cuma berdasar aku gak ada saingan atau semacam nilaiku paling tinggi di yang milih jurusan ini. Jadi, berdoalah dek, meminta lah supaya dikabulkan buat ditempatkan di tempat terbaik :)

Kelima, jangan sampe tengkar sama temen Cuma gara-gara undangan . ini penting, jangan jadi bodoh. Begini ya dek, udah pada tahu kan kalau rebutan bangku kuliah itu lebih susah daripada SMA.  Di saat kamu leyeh-leyeh dan enggan belajar, ribuan pesaingmu lagi sibuk belajar, latihan soal, berdoa dsb. Artinya apa? Waktu kamu lagi males, ratusan bahkan ribuan orang lagi berusaha keras buat ngerebutin bangku kuliah. Nah, dia dunia yang seluas ini, banyaaak banget orang yang lagi bermimpi, bercitacita besar dan itu banyaaaak banget dek. Jadi tolonglah kalian sadari bahwa; yang punya cita-cita di dunia ini bukan Cuma kalian. Ku kira wajar kalau temen-temenmu pada gak mau ngasih tahu mau pilih apa dsb. Karena apa? Meeka juga lagi berusaha ngerain impian ituuu. Jadi ya wajar banget lah kalau nanti ada pilihan jurusannya yang sama, ataupun ada yang diem2 milih jurusan gak mau ngasih tahu. Inget, kalian lagi bersaing, plis deh bukan jaman daftar TK lagi :)


tolak ukur kamu pinter atau enggak bukan dari nilai UNmu atau UNIVmu. Kemuliaan hidup itu gak pernah tertukar dek, tanpa peduli kamu jurusan apa, univ apa, ataupun kuliah sekarang atau tahun depan.


TIPS PENTIIIIIING , HARUS BACA
penting buat kalian catet dan maknain bener-bener. Belajarlah untuk “kerjakan dengan sendiri”. Aku tahu ini gak bakalan gampang buat yang biasa nyontek apalagi buat yang gila nilai buat ngejar undangan HAHA. Tapi dek, biar aku kasih tau di awal. Jangan sampe kamu gak lolos undangan (SNMPTN) Cuma garagara Allah gak ridho sama nilaimu yang banyak hasil kerjasamanya /iniserius/. Kalian gak usah bingung kalau UN banyak kunci beredar, atau banyak temen yang nilainya bagus gara-gara dapet kunci. Hmm menurut pengalamanku sih yaa /bukan Cuma di sekolahku atau di kotaku/, akan selalu ada masa buat mereka2 yang suka mengerjakan bukan dengan hasilnya sendiri. Dan banyak juga kok yang bangga walaupun nilai kecil tapi hasil sendirii, bangganya tuh…. Trust me. Toh nanti kalian ngerjakan SBMPTN dan segala tetekbengeknya itu by your self.  Jadi biasakanlah sebelum terpaksa terbiasa atau kena batunya :)

selamat berjuang, perjuang!
Pin It
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...