Friday, January 13, 2017

Catatan Kecil bagian (6) : Desain Produk Industri part I

     tulisan kali ini dibuat dalam rangka memenuhi wacana tahun 2017 untuk lebih produktif nulis dan baca, berhubung libur dan udah banyak konten tulisan yang menjadi debu di draft, maka ada baiknya awal awal taun ini nulis yang lebih berfaedah haha. jadi ini semacam edukasi buat adek adek, temen temen, bapak atau ibu yang masih kurang ada gambaran tentang jurusan desain produk industri (baca : despro) itu ngapain sih?
      bukan suatu hal yang asing (bagi kita anak despro) waktu ngobrol sama temen atau orang, sering banget dapet tanggepan "itu ngapain?" "itu apa" "itu belajar apa?" dsb. Biasanya responnya 60% gatau itu apa, 30% taunya itu gambar gambar, dan 10% sisanya taunya "oh yang bikin bikin film animasi itu ya". 
dan lagi, bukan suatu hal yang baru kalau jurusan desain dikira jurusan yang "gambar aja" "cuma gitu aja kan" atau "gini aja". tapi, bukan poin poin itu yang mau dilurusin di postingan kali ini, poin pentingnya adalah; jaman dulu waktu SMA, aku kayak kurang banget gambaran tentang "bakalan belajar apa sih aku di despro?" "di despro itu  ada apa aja sih?" yang which is ketika kita search di google, halaman pertamanya isinya cuma dari web web resmi dengan penjelasan singkat aja

here we go...

angkatan desain pertukangan produk 2014
     jadi, aku mahasiswi jurusan desain produk industri ITS semester 6 yang berarti ini tahun ketiga aku disini. Di ITS sendiri, jurusan despro kebagi jadi dua prodi. ada prodi desain produk, dan ada desain komunikasi visual. Mungkin 0rang lebih paham sama dkv, tapi berhubung aku anak produk, jadi disini aku bakal cerita lebih banyak tentang prodi produk.

     di jurusan ini, kamu bakalan nemuin orang orang yang unik atau bahkan kata orang biasanya anak despro tuh "gitu". semacam kayak udah ke-branding kalau jurusan ini isinya mayoritas; anak cowok yang suka di gondrongin, rambut warna warni, tampilannya nyentrik, dresscode utamanya adalah warna hitam, celana robek ala ala, dan biasanya ketika lewat, orang udah ngeh "oh anak despro ya?". ini mayoritas ya, gak semuanya, aku kurang gawl  sih tampilannya :(

      judulnya aja desain produk industri, berarti kita disini bakalan lebih banyak belajar tentang bikin suatu produk. kalau di despro ITS sendiri, ada beberapa mata kuliah utama dari sejak jaman kita maba. ada dasar desain 1, dasar desain 2, perancangan styling, perancangan aplliance, perancangan furniture, perancangan transportasi, dan konseptual.

     di dasar desain, kita bakalan belajar dasar dasar (?). kalau semester satu itu medianya pake tinta bak atau cat air. iya gambar gambar banget. dulu waktu aku maba, itu tugas rasanya udah nyiksa banget kuliah dari jam 7 pagi sampe jam 8 malem cuma buat satu mata kuliah aja.....repeat, satu mata kuliah aja.

     tapi begitu naik semester berikutnya kayaknya mending jaman maba ding HEHE. oh iya, kalau di despro, mata kuliah utama itu 6 sks bobotnya. jadi kalau 6 sks kita nilainya ga bagus bagus amat, jadi ya bakal ngaruh banget ke IPS. thats why ya haram banget hukumnya nanya IP apalagi jaman maba.
pernah suatu ketika ke rumah temen. Ibuknya si X nanya ke si Y, "ini kalau Y berapa nilai fisika dasarnya?", kemudian dijawab sama Y, "dapet A tante". "wah itu si Y bisa dapet A, kok kamu AB sih" kata sang ibu berbicara pada anaknya. seketika aku merasa kayak beda alam.............
   Jadi ya, buat temen temen yang sedih nilainya BC atau B. Udah disyukurin aja, karena banyak juga loh jurusan-jurusan yang dapet C aja udah alhamdulillah. back to dasdes, dasdes itu semacam kita belajar bikin garis dan mewarnai. Tapi beda dong level mewarnai nya anak TK sama kuliah, ya gak ? inget banget dulu pas tugas pertama  dasdes 1 dibagiin, Krisna yang pertama dipanggil. kemudian di puji gitu sama dosennya tugasnya dia bagus cuma kurang rapih. HEHE begitu diliat nilainya ternyata E heheh suka ketawa ketawa sendiri kalo inget :(
 
     NAH ! kalau dasdes dua itu kita udah mulai pake material macem macem, jadi bukan 2d lagi. Dari kertas, tusuk sate, velcro, kain, kayu, dsb. biasanya di bikin apa ? macem macem, waktu itu pernah disuruh bikin topi, kaki meja, lampu, struktur jembatan. nih foto fotonya





di dasdes 2 ini mulai banget merasakan haru haru gitu karna nilai tidak kunjung membaik hiks walaupun tugasnya kebanyakan bisa take home. inget banget tugas perbaikan uts (yang foto kayu itu) dulu itu baru dapet hidayah mau bikin bentuk apa pas jam 1 malem banget. kemudian gergaji gergaji dini hari di dalem kamar kos wkwkw. selama semester satu sama dua ini, selain dasar desain kita juga dapet mata kuliah semacam gambar teknik, gambar produk dan mata kuliah mata kuliah umum (tbh lupa matkulnya apaan). kalo gambar produk itu ya kita gambar berbagai macam produk, sedangkan gambar teknik itu yang semacam dibawah ini. tapi kalo semster 1 sama semester 2 gambarnya masih manual dan biasanya pake rapido. kalau gak salah, anak arsitektur, mesin, interior, sipil juga ada gartek juga.

source:google


 next, semester 3 dan 4 !!!

     di semester ini bakalan belajar tentang desain styling, appliance, sistem teknologi dan material, modelisasi manual, studi kreativitas, metodologi desain, ergodesain, CAD gambar, CAD model, dan sejarah desain.
   pernah suatu ketika ikut pelatihan, duduk sebelahan sama mas mas Mesin UGM 2012. Namanya, mas saiful. Trus lupa gimana ceritanya, mas saiful liat bukuku yang dibuat nyatet, yang isinya juga ada catetan kuliah. trus begitu dia liat bagian sistem teknologi dan material dia kayak masang muka heran sambil bilang "lah iki lak pelajaranku" seolah olah dalam hatinya dia bilang; "emang kalo jurusan desain, belajar elongation, energy content, poros, sambungan, material dkk ya ?"
     jadi, di sistek itu kita belajar kayak semacam sambungan, material, dsb. aku sebenernya kurang paham, tapi begitu semester lima itu kayak yang baru ngeh "oh jadi ini ya yang dulu tak pelajari". trus kalau cad gambar sama cad model itu semacam kita bikin gartek tapi digital pake autocad. kalau CAD model, kita belajar bikin bentuk 3dnya. jadi kayak bikin cpu, monitor, meja, kursi, sepatu.

pardon my 3d :(((
     trus trus ada mata kuliah yang nyenengin banget, namanya studi kreativitas. kalau menurutku, disini kita belajar gimana sih berfikir kreatif diluar batasan batasan yang sering kita buat. kita juga belajar teori kayak 6 thinking hats, reverse, dll. waktu itu kebetulan angkatanku UASnya bikin masquerade. Percayalah, ini matkul paling seru. berhubung upload video gak secepet waktu buat take foto di lab foto, jadi ss annya aja yaa. 

ahiyak ! tebak aku yang mana
       Nah, ada juga mata kuliah yang gak kalah seru. namanya modelisasi manual. waktu jamanku, tugasnya bikin kapal 1 : 1 berkelompok ehehe yang kayaknya mahasiswa perkapalan juga belum tentu ada tugas bikin kapal 1:1, cmiiw. jadi bikinnya bener bener dari awal banget dari bikin cetakannya sampe bikin kapalnya beneran. Ini kali pertama kenal sama yang namanya resin, gellcoat, jigsaw dan temen temennya. dan disini mulai ngerasain jadi semacam tukang, sampe kadang kadang kalau mobil yang berdempul lewat, kita suka nebak itu dempul yang merk apa hehehe. 
bersenang senang hanya harapan :)) credit : anoman
ini nih cetakannyaa




     momen nyenenginnya waktu bikin tugas ini adalah; waktu hamin beberapa jam penilaian. setelah nginep dan ga sempet balik kos buat mandi. pas paginya dipaksain sama adit eva mbak isti buat nyobaik kapalnya. itu antara takut kelelep di samosir sama kepaksa mau. huhu tapi nyenengin banget rasanya naikin kapalnya, serius de. semacam terbayar gitu usaha satu semester ini.

    trus buat mata kuliah perancangan styling sama appliance kita udah lebih fokus buat bikin suatu produk tertentu, gak se luas kayak dasar desain dulu. kalo dulu styling jamanku disuruh bikin jewelry dari kayu sama koper. ya buat bagian ini failed wkwk tapi punya anak anak baguus banget kopernya sama jewelrynya. kalo pas appliance disuruh bikin kitchenware sama tutupnya radio pake akrilik.
bagian dari porto
      trus ada mata kuliah ergonomi. kalau definisi sulitnya  itu; Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan dan elemen-elemen lain dalam suatu sistem dan pekerjaan. //fase mulai pegel cerita//

     bedanya despro sama jurusan lain adalah; kalo uas gak kayak jurusan lain yang sehari masuk trus ujian. Uas di despro biasanya dilewati dengan proses yang panjang (?) maksudnya gini, kayak tugas modelisasi manual yang bikin kapal itu dikerjakannya satu semester full. sama juga kayak tugas bikin koper atau yang irus sama radio. Biasanya nanti diakhirin sama pameran produk yang biasanya juga bikin portofolio juga tetang produknya.

     jadi sebenernya, buat para orang tua ga perlu takut buat nyekolahin anaknya di jurusan ini. karena ternyata belajar disini itu gak segampang "belajar gambar aja". to be honest, aku pribadi ngerasain banget perbedaan waktu mandang suatu produk //ceila// dibanding sebelum masuk despro dulu.  

     sebenernya intinya sih, in my opinion  semua jurusan itu sama susahnya. buat aku pribadi yang merasa ber-passion di jurusan ini aja kerasa banget kok duka duka nya. Jadi yaa, sebenernya poinnya itu bukan gampang enggaknya kuliah sih kayaknya, tapi lebih ke kitanya mau gak sih sungguh sungguh belajar ? orang yang sungguh sungguh belajar aja masih bisa dapet D, gimana yang gak sungguh sungguh...........

     prospek kerja ? banyak banget. hehe apa ajasih produk di sekitarmu? yap, bisa jadi desainer mobil, sepeda, sepeda motor, furniture, mainan, medical equipment, hospital furniture, kitchenware, huhu banyak kalo disebutin satu satu. hihi atau mau bikin industri sendiri //aamiin//. kalo desainer favoritku itu brandnya joseph joseph, mereka saudara kembar yang bikin kitchenware sama pak singgih. coba search mungkin bisa jadi inspirasi hihiw.

 wkwk terlalu banyak kalo diceritain dalam satu postingan, hihi kapan kapan bikin part 2 sama 3 nya yaa tentang gimana ceritanya masuk despro, jalur masuknya apa aja, sama di despro ada lab aja hihi. 

selamat bergalau ria yang kelas tiga SMA, yakin deh yang bikin keren itu bukan jurusannya apa dan univnya dimana. tapi gimana kitanya ntar pas kuliah. good luck dedek dedek emesh !

p.s : mungkin yang baca masih ada yang penasaran bisa email ke fildzahzata14@gmail.com 
   
Pin It

2 comments:

  1. Keren kak.. Aku pengen masuk despro, tapi gambaranku biasa2 aja. ntar waktu masuk diajarin mulai dasar atau langsung advance?

    Terus kakak dulu masuk despro lewat jalur apa?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...