3 IN 1 EDUCATIVE TOYS



Jaman sekarang, anak kecil udah pada dibolehin pegang hape loh. Sedangkan kita, anak generasi 90an atau bahkan generasi ayah dan ibu kita, main snake xenzia di hape nokia jadul senengnya bukan main. Jaman sekarang anak umur 8 tahun udah zombie addict, bisa banget seharian main plant vs. Zombie. Anaak umur 3 tahun udah bisa banget buka youtube sendiri dan liat kartun kesukaan dia. Sometimes aku ngerasa kalau dunia berkembang terlalu cepat.

            Sebenernya kita sadar gak sih kalau ada dampak negatif yang dihasilkan waktu anak kecil main game ataupun gadget? Dari mulai radiasi karna kontak sama hp yang terus menerus sama kemungkinan ansos karnena kebiasaan main game. efek negatif ini berbanding terbalik sama permainan konvensional yang sering dimaininkita dulu. Karena permainan konvensional iu menuntut komunikasi dan juga interaksi antara penggunanya.

            Nah, kabar baiknya adalah ada permainan edukatif yang menjawab semua kesenjangan itu. Yap ! MAXIMAZE ! apasih itu maximaze ? 




Maximaze adalah sebuah mainan edukatif yang terbuat dari kayu ini berkonsep 3 in 1, yaitu menggabungkan 3 mainan dalam satu produk. 3 permainan ini antara lain permainan maze, puzzle dan dakon atau congklak. Maximaze sendiri dibuat karena kurangnya minat anak terhadap permainan konvensional. Isu yang berkaitan tentang gadget addict pada anak juga menjadi landasan dibuatnya produk ini. Jasi pas banget kan, karna permainan ini bisa dimainkan lebih dari satu orang.

Produk maximaze sendiri juga melestarikan mainan tradisional yang jarang ditemui yaitu congklak atau istilah lain yang biasa kita kenal dengan dakon. Permainan andalan dari Maximaze sendiri adalah permainan maze, permainan maze ini merupakan permainan labirin 3 dimensi yang memiliki pion yang dijalankan dengan banyaknya lemparan dadu. Kelebihan dari permainan maze ini adalah dengan adanya tembok-tembok labirin yang dapat disusun berdasarkan keinginan para pemain sehingga anak tidak cepat bosan. Selain itu terdapat pula beberapa rintangan yang harus dilalui seperti pasir hisap atau kilatan petir yang ngebuat permainan ini semakin menarik. 

Mainan berukuran 29x40 dengan ketebalan 10 cm ini memiliki buku petunjuk penggunaan yang mempermudah pemain untuk memainkan Maximze dengan bimbingan orang tua. Mengusung tema cerita rakyat, membuat produk ini memiliki nilai lebih. Maximaze hadir dengan 3 seri tema cerita rakyat (Timun Mas, Sura Baya, dan Si Kancil). Buku petunjuk memiliki bonus cerita rakyat yang dapat dibaca oleh anak maupun dibantu orang tua. 

Proses pembuatan produk Maximaze sendiri dibuat seluruhnya oleh Mahasiswa ITS yang beranggotakan tujuh orang. Dimulai dari proses pemotongan kayu, pembuatan arena maze, pembuatan dakon hingga roses penggabungan produk serta finishing produk dilakukan sendiri oleh mahasiswa di bengkel jurusan Desain Produk Industri. Hal ini juga menjadi suatu kelebihan tersendiri karena produk maximaze merupakan produk yang dibuat langsung oleh mahasiswa. Sehingga dalam satu produk, konsumen memiliki banyak keuntungan diantaranya terdapat 3 permainan sekaligus, ikut melestarikan permainan tradisional dakon, mengenalkan cerita rakyat indonesia pada anak, melatih tumbuh kembang pola interaksi anak karena permainan dapat dimainkandalam satu kelompok serta turut mendukung industri kreatif Indonesia.









Maximaze diharapkan dapat menjadi alternatif permainan konvensional yang baru bagi anak. Sehingga anak tidak kecanduan game pada smartphone. Produk ini juga diharakan dapat menjadi alat peraga edukatif untuk anak Sekolah Dasar. Jadi tunggu apa buat mikir dua kali ?

Instagram : maximaze.id
Facebook : Maximaze
CP : fildzah (085231889779)

Komentar

  1. Hampir sebulan(atau malah lebih?) nunggu post tulisan baru.... dan taraaa.... akhirnya tulisan baru ini muncul.... semangat terus ya menulisnya... :)

    BalasHapus

Posting Komentar