selamat berjuaang, pejuang 2k15!



Mau kuliah dimana?
Mau kuliah dimana? Ambil jurusan apa? semacam pertanyaan wajib buat kalian yang kelas 3 SMA. So, coba kita bahas satu persatu apa yang bisa kalian lakuin sebagai persiapan kalian kuliah (berdasarkan pengalaman tahunku yaps). Semoga membantu adek adeek.
1.       Tahapan apa aja sih yang harus kita lewatin buat masuk kuliah?

Tahapan awal dari segala tahap, kalau kalian pingin masuk universitas itu ya masa belajarmu di SMA. Yap, maksudnya nilai raportmu, sertifikat, akreditasi sekolah, IP alumni dkk nya. Itu kenapa guru BK selalu bilang nilai raport di semester lima usahakan naik.
kedua itu UN. Kenapa UN? Karena jamanku dulu UN itu berbobot 40% kalau gak 60%. Ujiannya gak sampe seminggu tapi ngefeknya nemen buat undangan hehe.
Tapi, kalau kalian gagal SNMPTN, it means kalian kudu ikut tes SBMPTN atau tes yang lain; kalian gak pakai 2 faktor penting itu. Kebanyakan tesnya ntar pakai hasil tes yang diadakan per univ aja.  maksudnya misal, SIMAK UI (ujian buat masuk UI), ya ntar nilainya pake nilai tes SIMAK UI mu aja, gak pakai yang lain. –pun sama juga kayak tes SBMPTN, UMDES, UTUL UGM, SMBPTN, dsb.

2.       Apa sih yang harus dilakuin buat ngadepin kelas 3 SMA sama namanya Ujian Nasional?

Yang pertama jelas, biasakanlah belajar sebelum jauh jauh bulan. Bukan jauh-jauh hari lagi. Jadi, sambil kalian repotrepotnya pelajaran kelas 3, biasakanlah buat nyambi ngerjakan soal latian UN. Gak gampang kedengerannya, apalagi kalau kalian sukanya hang out rumpik dan gak suka buka buku! Duh! Pinjemo buku ke kakak ke kelasmu.
Percaya deh, gak rugi kalau kamu belajar dari awal. soalnya…. UN itu susah banget. Kalau gak percaya monggo di cek nilai-nilai UN angkatanku :’) akan ada masa dimana kamu tiap pagi masuk kelas dan liat temenmu sibuk buka buku UN semua, walaupun jamses sekalipun. Tapi jangan nunggu masa itu dateng buat kamu belajar. habisin semua jatah gagalmu, jatah gak bisamu, jatah “ soal ini caranya gimana?” dengan cara banyak latian. Tiga tahunmu itu Cuma dibayar sama selembar kertas ijazah dek, dan parahnya itu nyantumin nilai UNmu hm hm. Think twice deh kalo mau belajar mepet H-sebulan. Apalagi prediksi di buku-buku UN maupun diknas (tahunku) kadang gampangan prediksinya tapi pas UN susahnya masyaAllah :’

3.       Gimana sih cara milih jurusan buat SNMPTN?

Jeng jereng jereeng. Akhirnya kita sampai di topik ini. Hayoloh pada ngaku pasti ada yang masih bingung buat milih jurusan yakaan? Aku dulu juga gitu, ngelewatin proses yang panjaaang banget buat nentuin jurusan impian dan pernah hampir menyerah waktu ketolak SNMPTN. Tapi Alhamdulillah, sekarang ada di tempat itu :’
Pertama, kuliah based on your passion itu menurutku perlu. entah ya, tapi kuliah itu 4 tahun loh. Itupun kalau lulus tepat waktu. Apa jadinya kita kalau kuliah Cuma berdasarkan gengsi aja. Bisa-bisa malah kuliahnya gak maksimal.Kalau masih bingung, coba kalian list jurusan apa aja yang kalian minatin. Trus coba search mata kuliahnya, nah timbang2 sendiri deh kira kira cocok apa enggak. Oh ya, sekarang itu udah duaribuempatbelas. Plis jangan ada yang mikir jurusan keren cuma FK aja :)) duh dek dimanapun kalian kuliah, univ apapun, jurusan apapun, kalian sama sama belajar. jadiiii jangan ada yang gak pede ya sama jurusan yang kalian pilih. Dunia gak sesempit ituuu.

Kedua, restu orang tua itu sangat amat penting. Mungkin ada yang ngalamin nih, misaaal disuruh ortu buat masuk jurusan A, padahal kamu pingin jurusan B. naah, pastikanlah kamu udah musyawarah sebener-benernya sama orang tua. Entah itu orang tuamu yang ngalah atau kamu yang ngalah. Pastikan orang tua juga mendukung keputusanmu dan ikut mendoakan. Seriously restu orang tua itu puenting dek jadi pastikan benar-benar kamu direstui di jurusan itu yaaaa hehe.

Ketiga, jangan mudah terpengaruh. Anak kelas 3 biasanya labil. Lihat banyak pesaing mundur, liat temen-temen di univ beken, ikutan, di perngaruhi orang-orang jadi bingung. Hm gini ya dek, kalau kalian udah punya pilihan, pegang teguh-teguh pilihan kalian itu. Pantaskan diri kalian buat ngeraih impian itu. Dapet atau enggak, percayah bahwa; Allah sudah punya rencana terbaik. Bukan sekedar baik.

Keempat, percayalah bahwa; SNMPTN itu misteri. Jadi, perbanyaaaak doamu dek, mintak sama Allah, jangan Cuma belajar aja. Kenapa aku bilang misteri? Anak OSN belum tentu keterima, anak yang suka nya nyontek tiap ulangan ada yang keterima hmm kebanyakan sih ga keterima. Yang UNnya bagus ya ada yang gak keterima. Yang sertifikatnya udah dimasukin semua dan sesuai sama jurusan yang di pengen –pun juga bisa ketolak HAHAHA sampe bosyan di tanyak “kok bisa?” /kalimatyanginicurhatwkwk/. pun ada juga yang di prediksi sama semua orang gak keterima malah keterima. Jadi, kita gak bisa nebak-nebak Cuma berdasar aku gak ada saingan atau semacam nilaiku paling tinggi di yang milih jurusan ini. Jadi, berdoalah dek, meminta lah supaya dikabulkan buat ditempatkan di tempat terbaik :)

Kelima, jangan sampe tengkar sama temen Cuma gara-gara undangan . ini penting, jangan jadi bodoh. Begini ya dek, udah pada tahu kan kalau rebutan bangku kuliah itu lebih susah daripada SMA.  Di saat kamu leyeh-leyeh dan enggan belajar, ribuan pesaingmu lagi sibuk belajar, latihan soal, berdoa dsb. Artinya apa? Waktu kamu lagi males, ratusan bahkan ribuan orang lagi berusaha keras buat ngerebutin bangku kuliah. Nah, dia dunia yang seluas ini, banyaaak banget orang yang lagi bermimpi, bercitacita besar dan itu banyaaaak banget dek. Jadi tolonglah kalian sadari bahwa; yang punya cita-cita di dunia ini bukan Cuma kalian. Ku kira wajar kalau temen-temenmu pada gak mau ngasih tahu mau pilih apa dsb. Karena apa? Meeka juga lagi berusaha ngerain impian ituuu. Jadi ya wajar banget lah kalau nanti ada pilihan jurusannya yang sama, ataupun ada yang diem2 milih jurusan gak mau ngasih tahu. Inget, kalian lagi bersaing, plis deh bukan jaman daftar TK lagi :)


tolak ukur kamu pinter atau enggak bukan dari nilai UNmu atau UNIVmu. Kemuliaan hidup itu gak pernah tertukar dek, tanpa peduli kamu jurusan apa, univ apa, ataupun kuliah sekarang atau tahun depan.


TIPS PENTIIIIIING , HARUS BACA
penting buat kalian catet dan maknain bener-bener. Belajarlah untuk “kerjakan dengan sendiri”. Aku tahu ini gak bakalan gampang buat yang biasa nyontek apalagi buat yang gila nilai buat ngejar undangan HAHA. Tapi dek, biar aku kasih tau di awal. Jangan sampe kamu gak lolos undangan (SNMPTN) Cuma garagara Allah gak ridho sama nilaimu yang banyak hasil kerjasamanya /iniserius/. Kalian gak usah bingung kalau UN banyak kunci beredar, atau banyak temen yang nilainya bagus gara-gara dapet kunci. Hmm menurut pengalamanku sih yaa /bukan Cuma di sekolahku atau di kotaku/, akan selalu ada masa buat mereka2 yang suka mengerjakan bukan dengan hasilnya sendiri. Dan banyak juga kok yang bangga walaupun nilai kecil tapi hasil sendirii, bangganya tuh…. Trust me. Toh nanti kalian ngerjakan SBMPTN dan segala tetekbengeknya itu by your self.  Jadi biasakanlah sebelum terpaksa terbiasa atau kena batunya :)

selamat berjuang, perjuang!

Komentar