pilpres

ciee udah tanggal 4 ciee habis ini udah mau pilpres ajaa wkwk



sebelumnya aku mau bilang. aku bukan pengamat politik, bukan pendukung capres, bukan sapa-sapa. jadi ngertiin kalau tulisannya gak berbobot politik. wkwk jangan tersinggung yang baca. cuma opini kok. oh iya, aku belum punya pilihan kok buat dukung sapa.

jadi gini nih, mendekati tahun politik ini, banyak banget pemuda pemudi yang berubah profesi. jadi pengamat politik dadakan misalnya, nah mungkin aku salah satunya ngahaha. bukan deng, bukan mengamati. tapi sok mengamati. sebenernya, aku ogah nulis tentang politik. kali pertama aku tertarik tentang politik itu gegara bukunya Bang Tere yang Negeri Para Pedebah. nah, disitu baru aku ngeh kalau politik itu gini. cukup menjelaskan banyak hal tentang politik dari obral omong kosong sampai ke mafia politik.

terus kenapa nulis gini fil ? soalnya muak.

kampanye everywhereee HAHAHA. sampe baca postingannya dagelan di instagram tentang betapa sia-sianya menasehati pendukung capres ituu bener banget. dukung sih boleh boleh aja, tapi kenapa addict banget. kukira cuma game online yang bisa bikin seseorang addicted begitu, ternyata salah. 

jelek-jelekin capres lawan. dan itu muncul di home tiap harii, apa tak muak wkwk. duh iya lupa, semua semua pada ngatas namain HAM sama demokrasi ckck. jadi aku baru paham sekarang pelajaran sejarah dulu tentang euforia kebebasan demokrasi tuh gini. nanti lama-lama jelek-jelekin atau nentang orang tua kamu namain demokrasi sama ham :( ? /ini kalau ngomong di depan kelas kek gini, pasti ada sanggahan yang gak kunjung kelar/ nahloh kembali ke topik.

sekarang mah jalan raya udah jadi panggung kampanye. posternya banyak banget. dan itu masih banyak yang lagi dalam masih proses pemasangan. macem macem sih, ada yang di coret coret, ada yang di robek. uh gini ya tahun politik. udah pada ngalahin posternya sirup marjan aja (?) wkwk salutnya nih tv on* sama mert* tiada lelah nayangin berita. keknya sih kampanye nya makin giat mendekati tanggal 9. sampe-sampe pas sahur sama buka ya tayangannya berita -oo-

yaap, sekali lagi. kampanye everywhere.

oke begini ya. pernah tahu yang namanya anies baswedan? beliau, buat aku wow banget. yang aku tahu dari salah satu lomba blog yang tak ikutin. nah, beliau ini pendirinya kegiatan Indonesia Mengajar. buat yang belum tahu, Indonesia Mengajar itu program yang diikutin sama  ratusan ribu anak muda yang udah lulus, yang keterima cuma puluhan, buat ngajar di daerah terpencil di Indonesia. aku suka cara pikirnya Bung Anies tentang pendidikan, guru, dan anak didiknya.

jadi, aku suka Bung Anies ini dalam hal pendidikan. mana peduli aku tentang kehidupan rumah tangga, kehidupan pribadinya ataupun yang lain. oke bisa di bedain dong ya. kalau di tanya aku bakal milih dia atau enggak kalau kalau dia nyalonin diri jadi capres, jawabannya adalah enggak. pernah nonton debat capres? masalah negara itu kompleks, dan menurutku, skill-nya belum sanggup buat jawab semua pertanyaan yang ada, kecuali pendidikan.

nah, kalau sekarang di tanya bakal dukung jokowi cuma karena karena Bung Anies ada di kubu Jokowi? jawabannya adalah enggak.  sedih banget waktu statementnya Bung Anies yang bilang "blusukan jokowi itu cuma pencitraan politik". ok see? buat aku dalam hal ini, faktor siapa aja yang mendukung itu gak bisa di jadikan alasan buat milih. /oke ini hanya contoh, bukan berarti aku pendukung prabowo. aku belum tahu kok/

kedua,
aku gak habis pikir sama orang-orang yang dukung dengan cara ngeshare-ngeshare berita buat dukung jagoannya dia atau jatuhin lawannya. ya keleeus semua berita itu bener. gara-gara semua kemuakan itu juga yang akhirnya bikin aku buat bacain semua artikel karena penasaran sama capres2 ini. karena kebanyakan baca artikel, akhirnya sedikit bisa bedain laah mana yang berbobot mana yang engga.

gini deh, ibaratnya kayak aku sekarang. aku bahkan bisa nulis apa aja di blog-ku semauku. jurnalisme sekarang itu gak semuanya murni loh. ingat, kampanye itu everywhere. yang nyata bisa jadi bohong, yang bohong bisa jadi nyata. dan itu terngantung penulis. kalau aku sih, lebih suka baca yang ada bukti fotonya, angkanya, atau indikasi kebenaran yang lainnya. nah sayangnyaa... aku masih inget nih pernah baca beberapa artikel yang bilang utang prabowo banyak, jumlahnya sekian. nah nyatanya habis di keluarin kpk hasilnya..... mungkin kalimat itu gak cuma di bagi kalimat opini sama kalimat fakta kali ya. mungkin harus ada penggolongan kalimat "fakta opini". that's why jangan mudah percaya kalau baca berita dan pikir-pikir kalau mau ngeshare. jangan terlalu bangga kalau cuma based on berita di dunia maya atau siaran di tv yang emang dukung capresmu, ada baiknya kamu juga cari keburukannya capresmu, kelebihan sama kekurangan lawan capresmu. jadi adil gitu deh milihnya menurutku :))

nah, pada akhirnya. jokowi atau prabowo sama sama manusia. jadi wajar wajar aja kalau mereka berdua punya salah. udahan dong jelek-jelekinnya. wkwk jangan jangan kalian saudara prabowo atau jokowi ya? smngat bangeet kampanye nyaa. betewe nih, dua orang itu sama sama lagi ngejual omong kosongnya mereka. omong kosong itu baru berubah jadi nyata kalau udah di laksanain. so, jangan mudah ngatain capres kita omdo, toh dua duanya masih ca to the lon kan :))

jadi fil, kamu pilih sapa ?
aku pilih dia ajaaa :33 nahloh. wkwk engga tau nih, belum tau pilih sapa.

inget, ini semua opini.
oke salam woles .

Komentar