Saturday, July 19, 2014

selamat malam, pejuang

entah kenapa suka banget sama sebutan pejuang. setelah di tolak snmptn undangan kemarin,kata pejuang itu bener-bener terasa, bukan cuma istilah pejuang.
haloo teman-teman pejuang, denger-denger masih ada yang belum bersyukur ya :) ?

di mulai dari UN. nilaiku totalnya 37,7 loh, lebih mirip nilai TO UN kan ? tapi masih ada juga yang nilainya di atasku, masih bingung nilainya ada angka 6 nya. ada juga yang pake kunci jawaban trus masih ngerasa kurang. ada juga yang kemudian mengucap syukur karena nilai bagus dan mengatas namakan kunci itu sebagai bantuan dari yang di Atas.

kemudian SNMPTN, lah kok ya ada yang masih nyalahin temen gegara gak lolos. mbok ya dilihat, itu nilai raport lima semester udah bener-bener murni karya sendiri belum :) ? ada juga sibuk nge screen capt hasil "selamat anda diterima di bla bla bla" padahal lupa kalau seringnya liat buku pas ulangan.

kemudian SBMPTN. yang pengen di UI keterima di UNDIP, yang pengen UGM keterima di univ lain. situ masih ngerasa kurang dan pengen ngejar univ impian? lah kok ya gak mikir ke yang gak keterima perasaanya gimana :)

dear temen-temen pejuang;
Di posisinya kalian yang sekarang itu. dalam kondisi nilai UN yang menurut kalian jelek, dalam kondisi kalian lolos snmptn di jurusan yang gak kalian pingin, dalam kondisi lulus sbmptn di univ yang bukan kalian idamkaan, dalam segala kondisi yang menurut kalian buruk. kalian lupa.

jadi biar aku ingetin ya,
banyak juga loh yang lebih minat, lebih pingin, dan bener bener mau banget di posisi kalian yang sekarang. banyak yang lagi bersaing buat dapetin posisi kalian sekaraang. bahkan parahnya, bisa jadi mereka-mereka yang ketolak di posisi kalian sekarang itu ngelakuin usaha lebih banyak, lebih melelahkan daripada kalian. nah, tapi apa? Allah justru ngasih posisi-yang-menurut-kalian-kurang-itu buat kalian.

teman-teman seperjuanganku,
cobalah kalian buka mata, cobalah kalian keluar dari rumah, cobalah kalian banyak baca artikel atau berita, cobalah kalian pergi ke pelosok-pelosok desa.

coba kaliah hitung berapa banyak temen-temen lain yang gak seberuntung kalian buat lulus UN, SNMPTN, SBMPTN. coba kaliah liat data di web sbmptn, kemudian hitung berapa banyak temen-temen yang harus gugur karena kalian ada di posisi itu sekarang. coba kalian hitung ada berapa banyak anak yang bahkan buat ngelanjutin sekolah aja susah.

nah, yang terakhir ini agak susah. cobalah kalian hitung seberapa besar rasa sedih temen-temen yang belum lulus, belum keterima, bahkan yang belum ada pegangan buat duduk di bangku kuliah. seberapa banyak air mata yang mereka keluarin waktu tau gak keterima di tempat yang justru malah kalian dapetin dengan setengah hati, seberapa banyak rasa kecewa mereka waktu liat kalian yang masih ngeluh dan belum bersyukur sama posisi kalian sekarang.

kalian terlalu sibuk sama mimpi-mimpi kalian. kalian terlalu sibuk mikirin univ dan jurusan yang menurut kalian beken. duh sampai-sampai kalian lupa kalau dimanapun kalian berada, kalian sama-sama belajar. kalian terlalu sibuk merangkai rencana-rencana kehidupan kalian sendiri. sampai-sampai kalian lupa kalau yang di Atas selalu punya rencana yang terbaik (bukan sekedar baik) untuk kalian.

ini boleh di percaya boleh enggak. univ dan jurusan kalian sekarang gak bener-bener nentuin kesuksesan kalian, yang di Atas yang nentukan. yang perlu diinget juga adalah; kalian sukses belum tentu kalian bahagia. kalau kata Bang Tere mah; dimanapun kalian berada, yang namanya kemuliaan hidup itu tidak pernah tertukar.

jadi ....?
alhamdulillah :)
Pin It

Wednesday, July 9, 2014

Assalamu'alaikum, rek

halo TEXAS. entah kenapa, perlahan tapi pasti, aku mulai ngerasa kehilangan kalian satu persatu. aku.... diem-diem kangen kalian. kadang, aku suka kangen sama suasana kelas tiap pagi, suka kangen cari bangku yang masih kosong, suka kangen liat grup wa rame, suka kangen piket pas sabtu /karena lebih banyak rumumpiknya bareng titin/, kangen banyak hal. kadang suka iseng sendiri nginget-nginget kejadian 2 tahun yang udah kita lewatin bareng. 2 tahun itu ga bentar looh.

ojan yang "hmm yeaah"
farid yang suka ngilang pas kerkel
adet yang "konco bajingan"
agung yang "selamat yahh"
uden yang... /mikir/ suka nari-nari gak jelas
vira yang emoticonless
amik yang "duh kah ojok cekel cekel"
titin yang pedo ablenya
andin yang fashionable
nisa yang "ma, sini lah aku mau cerita"
deka yang "mang, lek onok soal koyok ngene piye?"
dinila yang lucuuu imuut
aku yang .... "rek minta perhatiannya.."
pitri yang "rek mlaku mlaku yook"
hanin yang "bajuku belum kering habis di cuci"
hasbi yang suka nge gym
helda yang "rek aku bawak ini, mau?"
ibe yang hp laptop tab charger ulangan seratus
komang yang pinternya gak ketulungan
lady yang "yaaak ayo yaaak"
laksa yang crueme
sandi yang " well.."
bijar yang ...(?)... endingnya: "hebat sekali kamu jaaar"
afan yang "kres kres.. dunia memang keraas"
noval yang "...."
neny yang .../loading/...
nuril yang suka nonton anime tengah pelajaran
rivi yang bisa terlelap dimana saja
seil yang "wooh enemy iki, bangkuku iki"
yayak yang "mbak leed mbak leeed, huu mas hasbi ikii"
tifal yang bayu skak's girlfriend wanna be
topa yang "kapan pulang paaaan?"
vika yang tiap istirahat "mbak, ada mbak vika?"
vinda yang #anak #instagram #sukaunistallistagram #tapigakkuat #akhirnyainstalllagi

suka kangen sama kalian semua yang sukak bkin ketawa. tapi... hidup ya gitu. dia terus berjalan. sama kayak rak buku, waktu rak bukumu penuh, kamu harus milih, mana buku yang tetap tinggal, mana juga buku yang harus di pindahkan. sama kayak hidup, kamu kudu nyiapin ruang buat kisah-kisah baru, permulaan yang baru, teman baru, lingkungan baru, kamu juga haru mindah beberapa memori buat jadi kenangan.

jadiii.... kesimpulan untuk paragfraf di atas adalah...

tapi, jauh dari itu semua, yang perlu di garis bawahi adalah; kita pernah sama sama mengerjar mimpi dan berusaha dibawah atap yang sama, di ruangan yang sama. kita pernah sama sama mempercayai the power of "impossible is nothing". kita pernah... duh terlalu banyak kalau disebutin satu-satu.

/mendadak sedih/

yang jadi alasanku nulis postingan ini adalah; tadi aku ngeliat buku cita-citanya kita. tophan belum nulis looh, udah dikasih halaman kosong padahal. hehe iyaa, bukunya selalu sukses bikin aku punya semangat tersendiri tiap baca. kita pernah sama sama belajar bermimpi dan punya cita-cita di buku itu. kita pernah sama-sama berani buat ngungkapin apa yang kita pingin di buku itu (karena belum tau berapa pesaing se jurusan, batas raport, ditolak snm, dan kepahitan hidup lainnya), kita sama-sama nulis waktu kita lagi bebas mikir. yang walaupun nantinya kita gatau mimpi-mimpi itu bakal terkbul atau engga, tapi seenggaknya kita pernah mengamini keinginan kita satu sama lain.

semoga semua keinginan yang terbaik buat kita di kabulkan ya, aamiin. dan walaupun beberapa udah ngerasain impiannya gak terkabul,  semoga diganti dengan yang jauh lebih baik. aamiin :) rencana sutradara mungkin bisa kita tebak, tapi rencana Tuhan gak ada yang tau :)

hehe kangen kaliaaan.
maaf maaf fildzah banyak salah selama ini sama kalian rek :') /salaman/
maafiin yaaaaaaaaaaaaaaa ?

wassalamu'alaikum.



yang lagi kangen kelas.
Pin It

Monday, July 7, 2014

dear tv

halo tv,
kamu sibuk sekali akhir-akhir ini.
barangkali kamu lupa untuk istirahat.

ah iya,
aku lupa kalau dua hari lagi sudah pemilu.

tapi,
tidakkah kamu lelah ?
kemarin saat berbuka, saat adzan maghrib berkumandang,
kamu justru sibuk dengan teriakan "salam 3 jari"

ah iya,
barangkali kamu lupa,
ini bulan ramadhan.

ah iya,
mungkin aku yang lupa untuk mematikan tv. Pin It

Friday, July 4, 2014

pilpres

ciee udah tanggal 4 ciee habis ini udah mau pilpres ajaa wkwk



sebelumnya aku mau bilang. aku bukan pengamat politik, bukan pendukung capres, bukan sapa-sapa. jadi ngertiin kalau tulisannya gak berbobot politik. wkwk jangan tersinggung yang baca. cuma opini kok. oh iya, aku belum punya pilihan kok buat dukung sapa.

jadi gini nih, mendekati tahun politik ini, banyak banget pemuda pemudi yang berubah profesi. jadi pengamat politik dadakan misalnya, nah mungkin aku salah satunya ngahaha. bukan deng, bukan mengamati. tapi sok mengamati. sebenernya, aku ogah nulis tentang politik. kali pertama aku tertarik tentang politik itu gegara bukunya Bang Tere yang Negeri Para Pedebah. nah, disitu baru aku ngeh kalau politik itu gini. cukup menjelaskan banyak hal tentang politik dari obral omong kosong sampai ke mafia politik.

terus kenapa nulis gini fil ? soalnya muak.

kampanye everywhereee HAHAHA. sampe baca postingannya dagelan di instagram tentang betapa sia-sianya menasehati pendukung capres ituu bener banget. dukung sih boleh boleh aja, tapi kenapa addict banget. kukira cuma game online yang bisa bikin seseorang addicted begitu, ternyata salah. 

jelek-jelekin capres lawan. dan itu muncul di home tiap harii, apa tak muak wkwk. duh iya lupa, semua semua pada ngatas namain HAM sama demokrasi ckck. jadi aku baru paham sekarang pelajaran sejarah dulu tentang euforia kebebasan demokrasi tuh gini. nanti lama-lama jelek-jelekin atau nentang orang tua kamu namain demokrasi sama ham :( ? /ini kalau ngomong di depan kelas kek gini, pasti ada sanggahan yang gak kunjung kelar/ nahloh kembali ke topik.

sekarang mah jalan raya udah jadi panggung kampanye. posternya banyak banget. dan itu masih banyak yang lagi dalam masih proses pemasangan. macem macem sih, ada yang di coret coret, ada yang di robek. uh gini ya tahun politik. udah pada ngalahin posternya sirup marjan aja (?) wkwk salutnya nih tv on* sama mert* tiada lelah nayangin berita. keknya sih kampanye nya makin giat mendekati tanggal 9. sampe-sampe pas sahur sama buka ya tayangannya berita -oo-

yaap, sekali lagi. kampanye everywhere.

oke begini ya. pernah tahu yang namanya anies baswedan? beliau, buat aku wow banget. yang aku tahu dari salah satu lomba blog yang tak ikutin. nah, beliau ini pendirinya kegiatan Indonesia Mengajar. buat yang belum tahu, Indonesia Mengajar itu program yang diikutin sama  ratusan ribu anak muda yang udah lulus, yang keterima cuma puluhan, buat ngajar di daerah terpencil di Indonesia. aku suka cara pikirnya Bung Anies tentang pendidikan, guru, dan anak didiknya.

jadi, aku suka Bung Anies ini dalam hal pendidikan. mana peduli aku tentang kehidupan rumah tangga, kehidupan pribadinya ataupun yang lain. oke bisa di bedain dong ya. kalau di tanya aku bakal milih dia atau enggak kalau kalau dia nyalonin diri jadi capres, jawabannya adalah enggak. pernah nonton debat capres? masalah negara itu kompleks, dan menurutku, skill-nya belum sanggup buat jawab semua pertanyaan yang ada, kecuali pendidikan.

nah, kalau sekarang di tanya bakal dukung jokowi cuma karena karena Bung Anies ada di kubu Jokowi? jawabannya adalah enggak.  sedih banget waktu statementnya Bung Anies yang bilang "blusukan jokowi itu cuma pencitraan politik". ok see? buat aku dalam hal ini, faktor siapa aja yang mendukung itu gak bisa di jadikan alasan buat milih. /oke ini hanya contoh, bukan berarti aku pendukung prabowo. aku belum tahu kok/

kedua,
aku gak habis pikir sama orang-orang yang dukung dengan cara ngeshare-ngeshare berita buat dukung jagoannya dia atau jatuhin lawannya. ya keleeus semua berita itu bener. gara-gara semua kemuakan itu juga yang akhirnya bikin aku buat bacain semua artikel karena penasaran sama capres2 ini. karena kebanyakan baca artikel, akhirnya sedikit bisa bedain laah mana yang berbobot mana yang engga.

gini deh, ibaratnya kayak aku sekarang. aku bahkan bisa nulis apa aja di blog-ku semauku. jurnalisme sekarang itu gak semuanya murni loh. ingat, kampanye itu everywhere. yang nyata bisa jadi bohong, yang bohong bisa jadi nyata. dan itu terngantung penulis. kalau aku sih, lebih suka baca yang ada bukti fotonya, angkanya, atau indikasi kebenaran yang lainnya. nah sayangnyaa... aku masih inget nih pernah baca beberapa artikel yang bilang utang prabowo banyak, jumlahnya sekian. nah nyatanya habis di keluarin kpk hasilnya..... mungkin kalimat itu gak cuma di bagi kalimat opini sama kalimat fakta kali ya. mungkin harus ada penggolongan kalimat "fakta opini". that's why jangan mudah percaya kalau baca berita dan pikir-pikir kalau mau ngeshare. jangan terlalu bangga kalau cuma based on berita di dunia maya atau siaran di tv yang emang dukung capresmu, ada baiknya kamu juga cari keburukannya capresmu, kelebihan sama kekurangan lawan capresmu. jadi adil gitu deh milihnya menurutku :))

nah, pada akhirnya. jokowi atau prabowo sama sama manusia. jadi wajar wajar aja kalau mereka berdua punya salah. udahan dong jelek-jelekinnya. wkwk jangan jangan kalian saudara prabowo atau jokowi ya? smngat bangeet kampanye nyaa. betewe nih, dua orang itu sama sama lagi ngejual omong kosongnya mereka. omong kosong itu baru berubah jadi nyata kalau udah di laksanain. so, jangan mudah ngatain capres kita omdo, toh dua duanya masih ca to the lon kan :))

jadi fil, kamu pilih sapa ?
aku pilih dia ajaaa :33 nahloh. wkwk engga tau nih, belum tau pilih sapa.

inget, ini semua opini.
oke salam woles .
Pin It
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...