Monday, March 31, 2014

Surat untuk Bapak Presiden

Jember, 31 Maret 2014

Selamat malam, Pak. Bagaimana kabar bapak? semoga selalu dalam keadaan sehat, amin.

malam, Pak. hari ini tanggal 31 Maret 2014 yang berarti hampir setahun lalu saya pernah mengirim surat untuk bapak (ada di bagian bawah postingan ini). sengaja saya letakkan di postingan yang sama, karena postingan ini visitornya paling banyak ke dua Pak sepanjang saya punya blog ini.

Pak, hari ini H-14 Ujian Nasional. iya, tahun ini saya duduk di kelas 3 SMA. kalau tahun lalu saya bilang, saya mendengar berita-berita tentang kegagalan UN, maka tahun ini saya dan seluruh murid kelas 3 SMA/MA se antero Indonesia yang akan menjadi penentu berita.

Pak, bolehlah saya minta tolong? anggap saja ini mewakili seluruh murid kelas tiga. Tolong sampaikan pada Bapak Menteri pendidikan, percetakan dan semua pihak yang terlibat supaya UN tahun ini dapat berjalan lancar. katanya, ah bukan katanya. tahun ini UN benar-benar di perhitungkan untuk masuk ke perguruan tinggi, 60%, Pak. jadi bisa bapak bayangkan bagaimana sedihnya murid-murid kelas 3 SMA/MA kalau seandainya UNnya tidak berjalan lancar.

Bapak tenang saja, bukan hanya Bapak yang mungkin sedikit deg-degan menebak bagaimana UN tahun ini. saya dan pejuang 2014 lainnya juga (amat sangat) deg-degan, Pak. ini, H-14 dan hari libur. tapi saya yakin banyak murid kelas tiga yang sedang menyempatkan diri untuk membuka buku. untuk melakukan persiapan terbaik untuk menghadapi apa yang kita sebut sengan Ujian Nasional. banyak murid kelas tiga yang menyempatkan diri untuk sekedar menebak-nebak apa yang terjadi 14 hari lagi, sukseskah-gagalkah. demi Ujian yang katanya sudah berubah jauh semakin susah sejak tahun lalu.

sangat-amat-banyak-sekali pak anak yang sedang menghitung hari.......

kami akan berusaha semaksimal mungkin pak supaya tidak mengecewakan Bapak. jadi, Bapak doakan kami ya semoga dapat mendapatkan kemudahan dan kelancaran untuk menjalani ujian 14 hari lagi. Doakan juga supaya nilai kami bagus-bagus ya pak, maksimal. supaya bapak dan ibu, bapak, bapak menteri, bapak dan ibu guru tidak ada yang kecewa :)


maaf pak, saya sibuk berbicara tentang UN. bagaimana keadaan bapak? 
Pak, saya mau memberi kabar. kalau tahun lalu saya bilang banyak anak-anak yang lebih memilih mencontek. tahun ini saya kabarkan dengan pasti bahwa masih banyak pula anak anak yang mau menjujung tinggi kejujuran. kalau saya tahun lalu bilang banyak yang lebih memilih meremehkan Indonesia, saya kabarkan dengan pasti bahwa semakin banyak pula anak-anak yang cinta pada negeri ini.

sekian pak, jangan lupa istirahat pak. tahun ini tahun politik, Bapak harus banyak beristirhat :)


Jember, 16 April 2013

Selamat malam, Pak. Bagaimana kabar bapak? semoga selalu dalam keadaan sehat, amin.

Boleh saya berbagi cerita kepada orang penting nomer satu di Indonesia? 

Seperti yang bapak tahu, sekarang siswa siswi kelas tiga sedang menghadapi apa yang kita sebut dengan "Ujian Nasional". Berita-berita di televisi memberitakan bagaimana keterlambatan soal, wacana penghapusan Ujian Nasional, Keyakinan bahwa soal UN tidak akan bocor, dan masih banyak lagi.

Saya tidak ingin memberi kritik bagaimana cara kerja Bapak/Menteri Pendidikan/Percetakan ataupun yang lainnya. saya yakin bahwa tidak ada pihak yang menginginkan hal seperti ini terjadi. saya yakin semua pihak telah berusaha semampunya.

Saya tidak ingin membanding-bandingkan bagaimana sistem pendidikan di Indonesia dengan sistem pendidikan di negara lain. bagaimana seorang siswa merasa benar-benar bejalar dengan enjoy sehingga menganggap belajar itu kebutuhan bukan tuntutan dan contoh-contoh yang lain yang tidak mungkin bisa saya sebutkan satu-satu. tapi pak, saya hanya siswi SMA bukan Menteri Pendidikan yang mempunyai wawasan yang lebih luas. bagaimanapun itu, saya yakin semua itu untuk kepentingan anak bangsa.

boleh pak saya bertanya ?
banyak orang yang bilang kalau kita sekolah untuk menuntut ilmu, kewajiban kita untuk menuntut ilmu. tapi saya merasa nilai itu juga perlu secara tidak langsung. bagaimana tidak? masuk kuliah-pun nilai juga harus di pertimbangkan, bukan? seberapa penting nilai yang tertera di raport menurut bapak?

bagaimana dengan nilai moral? bukankah itu juga penting, pak?
kadang dengan adanya tuntutan itu membuat seseorang merelakan nilai moral dibanding dengan nilai raport. contoh kecil saja, mencontek. saya juga mengalaminya Pak, bukan karena saya tidak pecaya dengan diri saya tetapi karena tuntutan yang ada untuk mendapat nilai bagus diantara tugas yang menumpuk, eskul, OSIS dan yang lainnya.
 
yang terakhir pak, contoh kecil pentingnya nilai moral. kecintaan pada negeri ini.
entah kenapa banyak sekali orang yang meremehkan Indonesia."deh, Indonesia ae lho.." atau "ya wong Indonesia". banyak yang lebih memilih mengeluh dan meremehkan daripada mendoakan untuk Negeri ini lebih baik kedepannya. Bapak jangan lupa berdoa ya, untuk anak-anak bangsa supaya semakin dan selalu mencintai bangsanya :)


sekian pak, semoga bapak terus bersemangat dalam membangun negeri ini :)


Pin It

Wednesday, March 26, 2014

dear you, kode.

 dear you, isyarat.

selamat sore, isyarat.
selamat sore, kode. atau apapun nama panggilanmu yang lain.

barangkali benar,
menangkap kamu itu tidak semudah gerakan supinasi ataupun pronasi. kamu bahkan tidak terlihat. jadi, bagaimana bisa aku menangkapmu sedang aku tidak tahu kamu datang darimana, kapan datang dan bagaimana datangnya.

barangkali benar,
menerjemahkan kamu itu tidak semudah mengubah adenin menjadi timin. kamu bahkan tidak termasuk purin atau pirimidin. jadi, bagaimana bisa aku menerjemahkanmu sedang aku tidak tahu kamu mengirim rantai DNA jenis apa.

barangkali benar,
memastikan kamu ada itu tidak semudah memastikan bahwa ada renin didalam lambung. kamu bahkan tidak memberi tahu kamu ada di dalam hati atau usus halus. jadi, bagaimana bisa aku memastikan kamu benar benar ada sedang aku tidak tahu kamu enzim jenis apa.

tapi,
biologi tidak se-simple itu. sama sepertimu.
jadi lain kali ucapkan salam ketika kamu datang, supaya aku tau itu kamu. itu kamu, kode. bukan ke ge-er an.

sincerely,

orang gak peka.




nb : supinasi sama pronasi itu melentangkan dan menelungkupkan telapak tangan. sejenis membalikkan telapak tangan. purin (adenin , guanin) sama pirimidin (sitosin, timin) itu basa nitrogen yang ada di DNA. kemudian belajar biologi -_-
Pin It

Sunday, March 23, 2014

don't you remember ?

selamat siang, texaaas.
hampir 2 tahun. iya cepet banget. gak kerasaaaa yaaa sudah hampir dua tahun sekelaas sama kalian. gak kerasaaa yaa habis ini udah mau UN bareng bareng. gak kerasa jugaa sekarang udah mau kuliah. aaaak nanti kalau aku kangen minta perhatian ke kalian gimana . bahaha kalian lovable bingit seeeh. nanti kalau kuliah gak ada temen sebangku-an lagi ya? nanti aku-vira amik-neni fitri-titin nuril-vinda dindin-ripi yayak-lady nisa-komang vika-hilda hasbi-andin kangen pas sama temensebangkunyaaa..... :3kenapa jadi melow gini wkwk  #abaikaaan haha love youu reeeek

kemaren iseng bukain folder-folder foto lamaa, trus iseng pengen mosting wkwk. ini random fotonyaa, yang ada tak ambil. perjuangan rek mosting yang ini, lepiku 5 kali-an nge hang gegara nguplod foto fotonyaa  wkwkw -___-

ojan. anak yang suka kuotaan ngomongnya. biasanya kalau hari sabtu pas lagi piket, anak ini paketan. buuh terkenal sama gaya "hmmm yeaaah"-nya
bos. anak yang bisnis nya banyak dan aku gak paham. suka ngilang kalau udah mau kerkeel u.u
adet. cowok paing selfie-able di kelas. dan gaya fotonya rata rata kayak yang diatas ini. gak percaya? cek folder~
agong. anak yang terkenal dengan gaya ke-emo-annya (?) bahkan pas mau penjelasan uprak bio, agong masih sibuk gaya kayak begini di belakang kelas. ada kok vid nya~
uden. anak yang dengan tiba-tiba suka nari-nari gak jelas. master-nya gambar treshold. tuh keliatan dari seriusnya lek gambar bahaha. menerima pesanan, delivery order.
pira. anak yang suka liatin anak lagi  futsal dari balkon sekolah depan BK. jago nari, dan pengen jadi menteri kebudayaan . amin.
titin. anak sastra banget, lagi direbutin afan sama ojan. punya panggilan kesayangan baru namanya meli, kepanjangannya melitus. karena titin sangat manis maka titin mengalami diabetes melitus sehingga dipanggil meli :3
amik. anak yang paling hafal lag dangdut sekelas. suka minho dan berharap nanti minho bisa jadi suaminya.  katanya, nanti kalau beneran minho gak dibolehin keluar rumah.
andin. setuju sama titin, paling fashionable. dulu pas foto ini diambil, hasboy masih ngejar-ngejar andin. sekarang sudah jadi couple paling sosweet di kelas (y)
nisa. anak yang udah dari kelas sebelas duduk sama komang, hobby fotografi, kalau udah nyatet buh rapiih catetannya. dan entah kenapa sering gak akur sama afan. cmiiw.
deka. anak ceriaaa yang lagi LDR dan tetiba curhat di gatelers cantik malem-malem, tapi gak jadi galau, udah dapet kepastian. semoga cepat liburan ke malang ya deek ^^
dinilaAaAa. anak yang terkenal dengan gaya "aAaAaA" nya sama ke-onyu-annya. biasanya sama ripi cantik suka baca komik.
piljeh. ngg..... konco bajingan (?) /biar gak di protes kalau nulisnya bagus bagus/
pitli. anak yang paling jago bikin rencana dan ngajakin yang lain. entah kenapa, suka "bete". ceriaa bingit, tapi kalau udah di blognya......
hanin. terkenal dengan ke-solob-annya. punyak pacar yang udah kloops banget, akan segera menikah sama mas aan. pokok jangan lupa bagi-bagi undangan sama anak texas nin.
hasboy. anak yang diinget pak husnan gegara sukses dietnya. dan entah kenapa kalau liat foto ini, hasbi sekarang keliatan tambah gemuk HAHAHA .
hilda. anak yang susah bingit dicari potonya buat postingan ini. enggak, hilda sekarang gak baik, hilda punya kemampuan menyerang lawan sampe lawannya salting dan speechless. hati-hati.
ibe. anak yang kerjaannya kesekolah bawak laptop, tab, hape dua, charger, ngakunya gak pernah belajar tapi ulangan dapet bagus terus.
komeng. anak yang hapal semua jenis lagu jadi semacam kayak radio berjalan. kalau komang gak bisa pas pelajaran, kata pak hamim itu cuma pura-pura gak bisa.
lady. anak cantek yang jago semua jenis olahraga ini kalau udah sebangku sama Rayxy Lebah Madu buuuuh (y) . terskandal, katanya.
laksa. anak yang megeli dan sukanya nimpali kalau ada orang ngomong didepan. jadi nofal seharusnya jadi tersabar karena meskipun laksa cerewetnyah setengah mati nofal tetap cool.
sandi. anak yang hueeeboooh dan jago bikin status puisis di fb. gatau kenapa suka ngomong "kentir". kalau malem minggu, cowoknya khusus ke jembe buat ngapelin nih anak.
ajibar. anak yang jenius dan susah sekali dipahami, entah karena dia AB atau aku yang lolak. selalu punya pemikirin dari sisi yang-tidak-dibayangkan sama orang lain.
apan. anak yang terkenal dengan kelabilannya, kesesatannya, dan "KRESS KRESS"-nya. eh betewe kemaren ulang tahun loh , habede apaaaaaaaaaan.
nopal. cowok paling ganteng paling diem paling cool paling baik di kelas. udah gitu aja.
ngengi. anak yang entah kenapa jarang muncul di wa. baru muncul setelah dikangenin pitli semalem. sering jodoh sama temen se hidup sematinya, amik. terlemot, katanya.
nuril. anak yang ngakunya gak pake wifi lebih banyak daripada komeng. kalau nuril lagi serius liat laptop, bisa jadi dan kemungkinan besar dia lagi nonton anime.
ripi cantik. sleeping beauty-nya texas. suka donlot, dan suka memanfaatkan situasi kelas yang sepi buat donlot biar ngurangin pesaing katanya. menurut ripi, dia pemalu --
ceil. enemeeeh. anak yang hobby bangeeet nge game ini, suka dipanggil enemy entah karena apa aku belum tanyak. anak yang paling terakhir ngisi buku cita-citaa tapi isinya bikin terharuu :3
bebeb. edisi spesial nih buat kamu beb aku pilihin foto paling bagus :* . anak yang sudah berkerudung sekarang, udah mau berhenti jualan pulsa. suka nyerang orang di ige. eh satu lagi, dia juga blogger....
bebeb tipal. anak yang suka dibilang geje, dulu. gak terpisahkan sama semi, eh temen sebangkunya maksudku. suka selfie. paling peka kalau aku lagi be em wkwkwk.
tophan. maap paan fotonya gatau kenapa gak bisa di rotate u.u . anak paling ngangenin, semoga aja pulang-pulang, gejenya sudah jauh berkurang. amin.
vika. anak yang paling sering di cari sama adek kelas. buuh coba bandingin sama yang sekarrang, gaya rambutnya vika yang sekrang udah cetaar :3
vinda. dijuluki anak instagram. ter-instagram. ig : vidaartaks . #diam #diam #menghanyutkan. #pake #hastag #biar #gaul.
mading pertamaaaaa <3 don't you remember ?

kalau dulu moto anak kelas duabelas uprak. kalau sekarang, kita yang habis upraaak :(

LOVE YOU, REK <3
Pin It
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...