SEKOLAH DAMBAANKU


          Aku seorang pelajar berusia 17 tahun yang sedang menuntut ilmu di salah satu sekolah negeri di Jember. Bicara tentang sekolah, menurutku banyak banget hal-hal yang amat diimpikan oleh setiap murid dalam membangun mimpi tentang sekolah dambaan. Termasuk aku. Nah, sekarang aku mau sharing nih tentang sekolah dambaanku. 

Bagaimana Guru di sekolah dambaanku ?

Aku pernah baca artikel tentang pendidikan, filosofi mendidik di amerika bukan untuk menghukum, melainkan untuk merangsang orang agar maju. What a nice idea, right?

Jadi sebenarnya, hal yang menarik dari suatu sekolah adalah pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang ada didalamnya, generasi penerus bangsa dan komponen-komponen yang lainnya. Dari berbagai artikel tentang pendidikan atau sekolah-sekolah di luar negeri yang pernah aku baca,pengalaman pribadi, dan fakta-fakta yang ada, aku menyimpulkan kalau guru idaman itu Cuma perlu 2 hal pokok. Tulus dan Ikhlas dalam mengajar. Kenapa harus tulus dan ikhlas? Karena menurutku itu gambaran dari gelar pahlawan tanpa tanda jasa yang sebenarnya.

Kalau guru yang ngajarnya tulus dan ikhlas, dia bakalan ngedidik muridnya sebagaimana tujuan sebenernya murid itu dateng ke sekolah. Iya menuntut ilmu. Dari masa ke masa terlalu banyak perubahan dan persaingan yang akhirnya menyebabkan tujuan semula itu bergeser menjadi “mencari nilai”. Banyak fenomena yang pernah aku sebutin di surat untuk bapak presiden yang aku buat (disini). Misalnya aja nih, nyontek. Faktanya sekarang, banyak guru yang ngajar tapi gak ngajar. Banyak guru yang ngakunya pahlawan tanpa tanda jasa tapi cuma status. Kita sebagai murid dituntut buat dapet nilai bagus tapi gak dikasih pemahaman yang maksimal. Ini yang jadi pokok permasalahan yang sering dihadapi murid jaman sekarang.
 

Selain itu, guru yang aku idam-idamkan itu guru yang bisa ngasih motivasi ke murid-muridnya supaya nanti dia gak cuma jadi orang yang sukses, tapi juga jadi orang yang berguna buat orang disekitarnya juga bangsanya. Bayangin aja kalau setiap guru bisa berbagi konsep pemikiran kepada anak didiknya kalau bangsa ini tanggungan bersama, bukan cuma pemerintah, partai atau petinggi negeri. Pembangunan, perekonomian, pendidikan di negeri ini tanggung jawab bersama, itu kenapa kita perlu murid-murid yang open mind. Kalau guru-gurunya bisa gitu, pasti Indonesia bakalan hebaaat banget karena dengan itu pendidikannya akan terus berkembang :)

Kalau pertemanan yang idaman itu yang kayak apa?

                Selain guru, untuk membangun sekolah dambaan itu juga diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan siswanya. Bukan cuma guru yang harus baik dan menjadi contoh, siswanya juga lho. Kalau dalam kegiatan belajar mengajar, siswa yang baik harusnya proaktif.
                Nah, kalau di luar kegiatan belajar mengajar, pasti masalah pertemanan. Iya, hubungan antar siswa. Pertemanan yang asik itu kalau gak ada yang namanya bullying. We have to stop buliiyng. Gak ada yang namanya kaum mayoritas atau minoritas, semuanya sama. Gak asik banget kan kalau masih ada yang namanya menindas dan ditindas, uda bukan jamannya lagi.


 Satu lagi, kita harus punya prinsip satu almamater. Jadi meskipun ada banyak geng atau semacam kelompok gitu, kita tetep satu. Namanya pertemanan itu erat banget hubungannya sama sosialisasi ke sesama temen, jadi menurutku hubungan antar siswa yang idaman itu yang no bulliying dan mau bersosialisasi satu sama lain.

Trus kalau fasilitasnya di sekolah, menurut kamu yang idaman itu gimana ?

Nah ini dia, salah satu penunjangnya. Iya, tempat kita belajar. Fasilitas yang baik itu gak melulu tentang gedung bertingkat atau lapangan yang luas lho. Menurutku, fasilitas yang sekolah wajib punya itu taman sekolah yang hijau dan asri. Apalagi kalau ada air yang mengalir trus udaranya juga bersih. Kenapa harus taman yang hijau ? tujuannya supaya kalau kita pas kita lagi jam istirahat otak kita bener-bener fresh. Jadi waktu kita masuk lagi ke dalam kelas, kita bener-bener siap buat nerima materi yang dikasih. Jadi, selain ruang kesenian, lapangan buat olahraga, labotarium, kita juga perlu suasana hijau di sekolah kita.



Sistem sekolah yang idaman itu gimana ?

          Jujur nih, sebenernya aku agak kecewa sama sistem yang ada sekarang. Dimana-mana yang banyak ditunjang itu akademik, bukan non akademik. Kalau ada lomba yang itu nanti gak bakal ngaruh sama grade sekolah, sekolah bakalan mempersusah jalan kita. Contohnya aja nih, misal ada lomba yang diadain LBB (Lembaga Bimbingan Belajar) pas jam sekolah. Rasanya buat izin itu susaah banget. Coba kalau ada OSP (Olimpiade Sains Provinsi), meskipun pas ujian kenaikan kelas pasti ada kebijakan.
          Sedih kan kalau banyak kejadian gini? sekarang, apa salah kalau aku tanya kenapa ini begitu gak adil? Aku murid dan aku butuh penjelasan. Sekarang kalau di itung, sekelas yang bisa lolos seleksi OSP bisa diitung pake jari. Trus puluhan murid yang lain mau dikemanain? Gimana cara mereka buat berprestasi? Setiap murid berhak kan buat dapet dukungan dari sekolah buat ngikutin lomba-lomba di luar sekalipun gak ngaruh ke grade sekolah nantinya? Karena kemampuannya juga beda-beda.
         Jadi, menurutku sekolah yang dambaan banget itu sekolah yang sistemnya ngedukung semua siswa buat maju. Entah dalam bidang akademik ataupun non akademik. Entah dalam skala nasional atau cuma kabupaten. Semuanya sama-sama proses belajar, bukan?

Apa harapanmu buat pendidikan Indonesia kedepannya ?
                 
      Harapan buat pendidikan Indonesia yang jelas buat ke depannya bisa lebih baik. lebih banyak lagi guru-guru yang mampu menyebarkan semangat kepada murid-muridnya untuk membangun bersama pendidikan yang baik bagi Indonesia. semoga makin banyak murid yang open mind, jadi kalau ada konflik tentang pendidikan, lebih banyak yang mendoakan dan memberikan saran daripada menghujat habis-habisan. semoga kedepannya, pendidikan di Indonesia makin diminati oleh generasi muda. dan yang terakhir, semoga semakin banyak orang-orang hebat yang muncul karena keikhlasan seorang guru.

 kalau sekolah dambaanmu seperti apa :) ?


We love you Indonesia, We do.

Komentar

  1. dzah, kayanya lebih menarik dikasih sedikit gambar ilustrasi deh, jangan tulisan tok ^^
    sip2

    BalasHapus
  2. salam, tulisan anda bagus, alenianya juga tersusun rapi, cuman setuju dengan pendapat Mas Rayiemas Manggala, Ok. Cuman segitu aja komentar ku, semoga sukses... Salam.

    BalasHapus
  3. baguss headernya,...
    salam kenal ya,...

    visit back >> http://www.santriindigocilacap.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. wah sip deh pokoknya tulisan kamu pokoknya mesti bisa menjadi motivasi bagi semua guru2 siswa/i dan sekolah salam SUKSES blogwalking back ke blog gue: Tazaemjayy The Next Author

    BalasHapus

Posting Komentar